TEOLOGI PEMBANGUNAN ISLAM: Worldview Islam Tentang Pembangunan Dalam Konteks Maqashid Syari’ah

Hasballah, Zamakhsyari (2016) TEOLOGI PEMBANGUNAN ISLAM: Worldview Islam Tentang Pembangunan Dalam Konteks Maqashid Syari’ah. In: Seminar Nasional Teologi Pembangunan Islam, 17 Juni 2016, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik USU.

[img] Text
Seminar ISDEV FISIP USU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer review prosiding CISDEV.pdf

Download (80kB)
[img] Text
surat tugas seminar isdev.pdf

Download (247kB)
[img] Text
03. Cek Plagiasi makalah di Seminar nasional ISDEV.pdf

Download (6MB)

Abstract

Walaupun Islam menganggap bertambahnya pendapatan dan kekayaan melalui pembangunan isu yang penting dalam memenuhi kebutuhan dasar dan mewujudkan keadilan dalam distribusi, akan tetapi visi Islam yang komperhensif tentang kesejahteraan manusia tidak dapat diwujudkan dengan hal tersebut semata. Penting juga harus dipenuhi kebutuhan spiritual dan non materiil, bukan hanya sekedar sebagai jaminan wujudnya kesejahteraan manusia, tetapi juga demi mempertahankan kesejahteraan itu tetap berkesinambungan dalam jangka panjang. Jika kebutuhan – kebutuhan non materiil itu tidak dipenuhi, maka tetap akan ada kesalahan dan ketidaktepatan dalam kesejahteraan yang diupayakan, yang pada akhirnya dapat berimbas pada runtuhnya masyarakat, serta runtuhnya peradaban manusia. Pemenuhan semua kebutuhan di atas merupakan salah satu hak asasi manusia, yang dalam literatur keislaman sering disebut “Maqashid Syari’ah”. Maqashid Syari’ah diartikan sebagai tujuan Syara’ (pembuat hukum/Tuhan) dibalik aturan perintah dan larangan yang ditetapkan. Maqashid Syari’ah ini terkadang disebutkan secara jelas dan langsung dalam teks al-Qur’an dan Hadits, atau terkadang diintisarikan oleh para ulama dari kedua sumber di atas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Makalah ini disampaikan pada seminar Teologi Pembangunan Islam, Fak. ISIPOL USU bekerja sama dengan ISDEV. Jum’at, 17 Juni 2016.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:37
Last Modified: 11 Oct 2020 14:12
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/483

Actions (login required)

View Item View Item