PEMAHAMAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL AL-QUR’AN DAN HADITS

Hasballah, Zamakhsyari (2017) PEMAHAMAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL AL-QUR’AN DAN HADITS. In: Muzakarah MUI Provinsi Sumatera Utara, 11 Juni 2017, MUI Provinsi Sumatera Utara.

[img] Text
PEMAHAMAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL.pdf

Download (883kB)
[img] Text
muzakarah MUI SU 2017.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer review prosiding pemahaman tekstual kontekstual.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Cek plagiasi dan klarifikasi makalah di Muzakarah MUI 2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an secara teks tidak berubah, namun penafsiran atas teks, selalu berubah, sesuai dengan konteks ruang dan waktu manusia. Karenanya, Al-Qur’an selalu membuka diri untuk dianalisis, dipersepsi, dan diinterpretasikan (ditafsirkan) dengan berbagai alat, metode, dan pendekatan untuk menguak isi sejatinya. Aneka metode dan tafsir diajukan sebagai jalan untuk membedah makna terdalam dari Al-Qur’an itu. Sedangkan hadits, terkadang antara satu riwayat dengan riwayat lainnya ada perbedaan lafadz, dari mulai perbedaan redaksi yang tidak merubah esensi pesan hingga yang saling berkontradiksi dan bertabrakan satu dengan lainnya. Karena itulah, para ulama hadits (muhadditsun) telah meletakkan kaedah dalam menilai suatu hadits, mana yang sahih, mana yang hasan, hingga yang dhaif dengan beragam bentuk dan tingkatannya, bukan hanya terkait sanadnya, tetapi juga matannya. Sejalan dengan kebutuhan umat Islam untuk mengetahui seluruh segi kandungan Al-Qur’an serta intensitas perhatian para ulama terhadap tafsir Al-Qur’an, maka tafsir Al-Qur’an terus berkembang sampai sekarang. Dari sinilah, para mufasirin menemukan berbagai macam corak tafsir, yakni pendekatan tafsir. Masing-masing dari pendekatan tafsir mempunyai keistimewaan dan sekaligus kelemahan. Pendekatan yang akan dipakai oleh para mufasir tergantung kepada apa yang hendak diketahui atau dicapainya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Makalah ini disampaikan pada Muzakarah MUI Prov. Sumatera Utara, pada tanggal 11 Juni 2017 di Aula MUI Prov. Sumatera Utara.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:40
Last Modified: 07 Oct 2020 02:51
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item