Penerapan Model Pembelajaran Coperative Tipe Numberred Heads Together Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI Sosial SMA Dharmawangsa

Khairina, Annisa and Hasballah, Zamakhsyari and Hidayat, Rahmat (2017) Penerapan Model Pembelajaran Coperative Tipe Numberred Heads Together Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas XI Sosial SMA Dharmawangsa. Jurnal Al-Mufida, 2 (2). pp. 51-76. ISSN 2549-1954

[img] Text (jurnal)
63

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
peer review jurnal almufida penerapan model pembelajaran SMA dharmawangsa.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui Motivasi belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran coperative tipe Numberred Heads Together padakelas XI sosial mata pelajaran PAI di SMA dharmawangsa, 2) engetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran coperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI sosialmata pelajaran PAI di SMA dharmawangsa, 3) Mengetahui Motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran coperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI Sosial mata pelajaran PAI di SMA Dharmawangsa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Sosial SMA Dharmawangsa yang terdiri dari 37 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini diawali hasil angket motivasi belajar siswa pra siklus terbukti dari 37 orang siswa terdapat 33 orang (89.19 %) yang memiliki motivasi belajar rendah (tidak berminat), dan 3 orang siswa (8.11 %) yang memiliki motivasi belajar sedang (berminat), dan 1 orang siswa (2.70%) yang memiliki motivasi belajar tinggi. Selanjutnya pada siklus I dengan menerapkan model Numbered Head Together diketahui dari 37 orang siswa terdapat 9 orang siswa (24.33%) yang memiliki motivasi belajar rendah, 25 orang siswa (67.57%) yang memiliki motivasi belajar sedang, dan 3 orang siswa (8.10%) memiliki motivasi belajar tinggi. Kemudian pada siklus II dari 37 orang siswa terdapat 1 orang siswa (2.70%) yang memiliki motivasi rendah, 21 orang siswa (56.76%) yang memiliki motivasi tinggi, dan 15 orang siswa (40.54%) yang memiliki motivasi sangat tinggi.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:47
Last Modified: 24 Aug 2020 07:47
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item