PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN

Hasballah, Zamakhsyari and Suhendri, Suhendri and Efriyanti Lubis, Dede (2019) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN. Jurnal al-Mufida, 04 (01). pp. 37-50. ISSN 2549-1954

[img]
Preview
Text
Peer review jurnal almufida penerapan manajemen SMA Dharmawangsa.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
pdf

Download (31kB)
[img] Text
671

Download (33kB)

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan secara kolaboratif, artinya dengan mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum. Salah satunya prinsip relevansi, dimana adanya kesesuaian antara komponen tujuan, isi/pengalaman belajar, dan evaluasi kurikulum, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (3) pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan dengan sangat baik salah satu caranya adalah dengan menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran pendidikan dan sasaran anggota-anggota pihak sekolah tersebut; (4) pengawasan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa terlaksana dengan sangat baik, dibuktikan dengan adanya suatu usaha sistematik dalam menetapkan standar pelaksanaan.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:56
Last Modified: 08 Aug 2024 06:10
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item