PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN

Lubis, Dede Efrianti (2019) PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.

[img]
Preview
Text
COVER_15410017.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_15410017.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_15410017.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_15410017.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_15410017.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_15410017.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_15410017.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-V_15410017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_15410017.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa Medan; (2) pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa Medan; (3) pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa Medan; (4) pengawasan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa Medan. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisa data deskripsi induktif serta teknik triangulasi sebagai pemeriksaan keabsahan data. Analisa dilakukan dengan mengumpulkan semua hasil wawancara yang diperoleh dari informasi dan observasi yang peneliti lakukan dimana datanya masih bersifat khusus, kemudian menjadikan data tersebut disimpulkan menjadi bersifat umum. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan secara kolaboratif, artinya dengan mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap perencanaan kurikulum; (2) pengorganisasian kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip umum pengembangan kurikulum. Salah satunya prinsip relevansi, dimana adanya kesesuaian antara komponen tujuan, isi/pengalaman belajar, dan evaluasi kurikulum, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (3) pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa telah dilaksanakan dengan sangat baik salah satu caranya adalah dengan menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran pendidikan dan sasaran anggota-anggota pihak sekolah tersebut, karena para anggota pihak sekolah juga mempunyai keinginan agar sasarannya dapat tercapai; (4) pengawasan kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Dharmawangsa terlaksana dengan sangat baik, dibuktikan dengan adanya suatu usaha sistematik dalam menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan perencanaan, merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan-penyimpangan, serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya pendidikan dipergunakan dengan cara paling efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: deri derii siregar
Date Deposited: 17 Mar 2020 08:34
Last Modified: 20 Apr 2020 13:43
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item