Oktapiani, Dwi Putri (2019) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MIS AL-HASANAH MEDAN TP. 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.
|
Text
COVER_15410006.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_15410006.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR_15410006.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_15410006.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_15410006.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_15410006.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_15410006.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB IV-V_15410006.pdf Restricted to Registered users only Download (876kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_15410006.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits sebelum diterapkannya strategi inkuiri; (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siklus I setelah diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri; (3) Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pada siklus II setelah diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri; (4) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan strategi pembelajaran inkuiri. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisa data deskripsi kuantitatif. Analisa dilakukan dengan mengumpulkan semua hasil angket dan wawancara yang diperoleh dari informasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa kelas IV MIS AL-HASANAH Medan mulai dari pelaksanaan pra tindakan hingga siklus II. (1) Hasil pra tindakan menunjukkan rata-rata nilai individu adalah 25%; (2) Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan dimana secara individu siswa adalah 55%; (3) Hasil siklus II rata-rata mencapai 80%; (4) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi inkuiri adalah; (a) Kesulitan mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa; (b) Sulitnya merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar; (c) Guru kurang mengaplikasikan melalui teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Minat Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | deri derii siregar |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 09:44 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 13:45 |
URI: | http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/14 |
Actions (login required)
View Item |