UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA BER-AKHLAK AL-KARIMAH DI SMPIT AL-MUNADI MEDAN

Nasuha, Rizqiyatun (2019) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN SISWA BER-AKHLAK AL-KARIMAH DI SMPIT AL-MUNADI MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.

[img]
Preview
Text
COVER_15410019.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_15410019.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_15410019.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_15410019.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_15410019.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_15410019.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_15410019.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-V_15410019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_15410019.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Alasan pemilihan judul penelitian disebabkan perbedaan latar belakang siswa sebelum bergabung ke SMPIT Al-Munadi. Baik dari segi profesi orang tua, kondisi geografis tempat mereka tinggal hingga ketaatan dan konsistensi para orang tua dalam mengajarkan ilmu-ilmu agama pada anaknya. Pendidikan di SMPIT Al-Munadi menanamkan pembentukan ber-akhlak al-karimah melalui pembiasaan berlaku baik, hal ini merupakan suatu karakter bagian dari proses pembelajaran, selain mata pelajaran pokoknya yang dominan menghafal al-Quran dalam kesehariannya, namun membiasakan pembentukkan kepribadian ber-akhlak al-karimah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Upaya guru dalam mengembangkan kepribadian akhlak di SMPIT Al-Munadi, (2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kepribadian siswa ber-akhlak alkarimah di SMPIT Al-Munadi, (3), Kepribadian siswa ber-akhlak al-karimah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) upaya Guru dalam Mengembangkan kepribadian akhlak di SMPIT Al-Munadi mencakup (a) Religius, (b) Jujur, (c) Toleransi, (d) Disiplin, (e) Kerja Keras, (f) Kreatif, (g) Mandiri, (h) Demokratis, (i) Semangat Kebangsaan, (j) Cinta Tanah Air, (k) Menghargai Prestasi, (l) Bersahabat Komunikatif, (m) Cinta Damai, (n) Gemar Membaca, (o) Peduli Lingkungan, (p) Peduli Sosial, (q) Tanggung Jawab. beberapa tahapan metode yakni: (a) pengajaran, (b) keteladanan, (c) pembiasaan, (d) pemotivasian, dan (e) penegakan aturan.(2) Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kepribadian siswa ber-akhlak al-Karimah di SMPIT Al-Munadi terdapat dua faktor. Faktor internal faktor dan faktor external, Kedua faktor ini dapat mempengaruhi diri manusia biasanya pengaruh berasal dari lingkungan sekitar, (3) Kepribadian siswa ber-akhlak al- karimah di SMPIT Al-Munadi, siswa mampu menerapkan sikap rasa Ikhlas dan mencari haq serta melepaskan diri dari hawa nafsu saat berbeda pendapat dalam kehidupan sehari-hari, bersikap tawadhu kepada orang lain dan tidak takkabbur, mengucap salam terhadap sesama muslim dan berbicara sopan dan lemah lembut dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian siswa semakin meningkat dengan adanya pantauan dari lingkungan keluarga, keluarga juga berperan aktif dalam membina akhlak siswa seperti halnya menjaga kedisiplinan yang telah diterapkan dirumah seperti dibatasi untuk bermain gadget, sholat tepat waktu, tidur tepat waktu dan berbicara sopan kepada orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1-Pendidikan Agama Islam
Depositing User: deri derii siregar
Date Deposited: 20 Apr 2020 06:14
Last Modified: 20 Apr 2020 06:14
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/391

Actions (login required)

View Item View Item