PERANAN STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN WISATA OLEH PEGAWAI DINAS PARIWISATA KOTA MEDAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MEDAN

Virginia, Luthfiah Dwi (2019) PERANAN STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN WISATA OLEH PEGAWAI DINAS PARIWISATA KOTA MEDAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN MASYARAKAT KOTA MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_15510252.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_15510252.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_15510252.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_15510252.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_15510252.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_15510252.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-V_15510252.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_15510252.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Kota Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara menjadi pintu gerbang masuknya wisatawan ke Sumatera Utara, telah berkembang menjadi kota metropolitan dan mengandung banyak historis dan berbagai suku atau etnis yang ada. Kota Medan dibangun oleh Guru Patimpus pada tahun 1590 sampai saat ini terus berkembang dengan pesat sehingga mendorong banyak orang dan investor untuk berkunjung ke Kota Medan dalam rangka tujuan wisata maupun bisnis. Untuk menjadikan Medan sebagai daerah tujuan wisata, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bertugas melaksanakan pemasaran dan membuat perencanaan guna meningkatnya kunjungan wisatawan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat juga PAD (Pendapatan Asli Daerah) bidang kepariwisataan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pemasan dan pengembangan wisata terhadap kepusan masyarakat Kota Medan. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi linear berganda, uji determinasi, uji t, dan uji f dengan bantuan alat uji SPSS versi 25.00. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yaitu ada pengaruh strategi pemasaran (X1) dan pengembangan wisata (X2) terhadap kepuasan masyarakat (Y) pada Dinas Pariwisata Kota Medan, dimana peningkatan strategi pemasaran dan pengembangan wisata akan meningkatkan kepuasan masyarakat Kota Medan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui hasil Uji F dimana Fhitung = 91,460, sedangkan nilai Ftabel 3,12 sehingga Fhitung > Ftabel, atau H3 diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan variabel strategi pemasaran dan pengembangan wisata secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat Kota Medan sebesar 69,6% sementara 30,4% adalah kontribusi variabel lain yang tidak termasuk di dalam model regresi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pengembangan Wisata, Kepuasan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: deri derii siregar
Date Deposited: 25 Mar 2020 14:05
Last Modified: 25 Apr 2020 13:27
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item