ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CV. BOGA AMANDA MEDAN

Wahyuni, Sri (2019) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CV. BOGA AMANDA MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.

[img]
Preview
Text
COVER_15510002.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_15510002.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR_15510002.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_15510002.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_15510002.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_15510002.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_15510002.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-V_15510002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_15510002.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Orientasi pasar merupakan tindakan dalam kegiatan pemasaran agar menjadi lebih dekat dengan pasarnya sebagai suatu proses penjajaran pesaing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada CV. Boga Amanda Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini apakah orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan sampel yang digunakan sebanyak 50 orang. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas data dan reliabilitas, sedangkan uji hipotesis lewat uji t dan uji analisis koefisien determinasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas kan uji reliabilitas diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 33,241 + 0,489 X1+ (-0,180) X2 + e Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh thitung untuk variabel orientasi pasar sebesar 3.385 dengan probabilitas 0.001 yang nilai signifikansinya dibawah 0.1 dengan demikian Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel orientasi pasar secara parsial terhadap keunggulan bersaing pada CV. Boga Amanda Medan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi pasar yang diterapkan perusahaan tidak optimal yang disebabkan kurangnya pemahaman atas kebutuhan konsumen dan segmentasi pasar yang kurang tepat. karena itu penulis menyarankan agar perusahaan melakukan reorientasi pasar dengan melakukan segmentasi ulang pasar yang diteliti secara menyeluruh dan mensosialisasikanya secara utuh kepada karyawan. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh thitung untuk variabel inovasi produk sebesar -1.131 dengan probabilitas 0,264 yang nilainya diatas 0,1 dengan demikian Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh negatif antara variabel inovasi produk secara parsial terhadap keunggulan bersaing. Inovasi produk yang diterapkan belum cermat dan tidak sesuai dengan keinginan konsumen baik dari segi cita rasa maupun harga. untuk itu penulis menyarankan agar inovasi produk selalu didasarkan pada orientasi pasar yang dilakukan secara cermat terutamayang berhubungan dengan cita rasa dan tingkat harga yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan konsumen. Berdasarkan hasil uji analisis keofisien determinasi didapatkan nilai R square sebesar 0,256 yang menunjukan bahwa 25 % variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya yaitu 74,4 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini yaitu tingkat harga, promosi, pelayanan, kualitas produk, distribusi dan lain-lain. Oleh karena itu penulis mengharapkan adanya penelitian lanjutan atas variabel tersebut, sehingga manajemen mendapatkan data dan informasi yang lengkap dalam pengambilan keputusan guna meningkatkan daya saing perusahaan,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan bersaing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: deri derii siregar
Date Deposited: 26 Mar 2020 12:55
Last Modified: 25 Apr 2020 13:28
URI: http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item