Kaur, Gurseren (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PERBANKAN YANG MENGALAMI KERUGIAN DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA.
|
Text
COVER_15110049.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_15110049.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR_15110049.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_15110049.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_15110049.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_15110049.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
BAB III_15110049.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB IV_15110049.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_15110049.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Era perkembang zaman ini semua masyarakat tergantung pada perkembangan teknologi terutama di bidang informasi yang sangat menikmati kecangihan, terutama pada lembaga perbankan,itu sangat dapat terlihat melalui layanan fasilitas bank yang dapat diakses melaui smartphone yaitu layanan MobileBanking, dengan adanya layanan Mobile Banking dapat mempermudah nasabah bank dalam melakukan kegiatan transaksi perbankan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah perlindungan hukum terhadap nasabah perbankan yang mengalami kerugian dalam penggunaan Mobile Banking dan pertangung jawaban pihak bank terhadap kerugian nasabah. Metode yang digunakan dalam pembahasan rumusan masalah tersebut adalah metode penelitian yuridis normatif dengan mengkaji dan meganalisis data sekunder berupa bahan hukum primer,bahan hukum sekunder,bahan hukum tersier,teknik yang digunakan adalah teknik studi pustaka (library research),dan analisis data yang dilakukan secara kulitatif. Perlindungan hukum terhadap nasabah dalam pengunaan MobileBanking dapat dilakukan dengan perlindungan represif dan preventif. Perlindungan represif diberikan dalam bentuk pemberian sanksi berupa ganti kerugian. Perlindungan preventif dilakukan guna mencegah kerugiaan terhadap nasabah/selaku konsumen lainnya. Bentuk pertanggung jawab pihak bank terhadap nasabah yang mengalami kerugian dengan melakukan dikreditkan kembali sebesar kerugian yang dialami nasabah kedalam rekening nasabah,dan upaya penyelesaian yang dapat dilakukan bisa melalui jalur pengadilan (Litigasi) atau di luar pengadilan (Non Litigasi). Perlunya perlindungan hukum terhadap nasabah itu sangat penting,dikarenakan dengan adanya perlindungan hukum tersebut nantinya dapat menjamin hak-hak nasabah sebagai konsumen dari jasa layanan perbankan yang disediakan oleh pihak bank selaku pelaku usaha, dan dengan adanya pertanggung jawaban yang pasti dari pihak bank maka nasabah akan merasa aman dan nyaman, sedangkan dari sisi penyelesaian sengketa bank lebih mengutama melalui jalur di luar pengadilan seperti melalui mediasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum,Nasabah,Mobile Banking |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1-Hukum |
Depositing User: | deri derii siregar |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 03:55 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 04:21 |
URI: | http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/76 |
Actions (login required)
View Item |